Mengejar yang Tak Berfaedah

Kita manusia adakalanya dihadapkan pada kejadian-kejadian yang menguras perhatian dan tenaga yang lebih besar, bahkan mampu memperdaya kita menjadi sosok yan tidak biasa. Pernah mengalami ini? Tentunya semua orang pernah mengalaminya. Untuk hal-hal baik tentu ini tidak ada masalah, tapi bagaimana jika sebuah kejadian pada akhirnya membuat kita terbawa, terhanyutkan, bahkan terlalu memaksa diri untuk mendapatkan apa yang kita inginkan walaupun itu faedahnya sedikit?

Kejadian seperti ini bisa menimpa siapa saja. Saat seseorang dibutakan oleh kenginannya, maka dia bisa melanggar batas-batas norma, bahkan nilai yang dia yakini bisa dilibas. Biasanya dalam kondisi ini seseorang sudah tidak bisa berpikir logis dan rasional. Salah-benar, baik-buruk bukan patokan lagi, tapi sudah digiring oleh keinginan atau hawa nafsu.

Seseorang bisa saja kehilangan akal sehatnya tatkala terpukau oleh sesuatu yang dia kagumi, ingini, atau harapkan. Hal tersebut membuatnya lupa mempertimbangkan hal yang lain yaitu apakah itu baik untuk dirinya.

Akhirnya, seseorang bisa saja mengejar-ngejar sesuatu yang tidak berfaedah bagi dirinya. Dia menjadi posesif untuk memenuhi keinginannya. Sebelum sampai ke tahap mengejar-ngejar, pertimbangan matang perlu dilakukan. Apakah yang dikejar mendatangkan manfaat dan memberikan kebaikan atau justru malah tidak bermanfaat dan mendatangkan mudharat. Jadi tak perlu terburu nafsu. Jangan berfikir itu adalah satu-satunya yang bisa dikejar. Kalau yang dikejar yang baik tentu tidak salah.

Manusia betapa sangat gampang dibutakan, diperdaya, dan dibuat terhanyut oleh sesuatu yang tidak berharga.

Untuk itu dalam keadaan apapun tantanglah diri sendiri untuk mampu menggunakan rasionalitas dan standar nilai baik-buruk agar tidak salah kejar. Karena akan ada masa di mana kita akan sampai pada sebuah kesadaran rasional dan di saat itulah seseorang mulai menyesal dan meratapi pilihannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s